Sistem pendukung keputusan diet kalori

Sistem pendukung keputusan SPK adalah suatu sistem yang mampu menyediakan fungsi pengelolaan data berdasarkan suatu model tertentu, sehingga user dari sistem tersebut dapat memilih alternatif keputusan yang terbaik.

Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Berikut merupakan keterangan dari rumus diatas: Terjadinya Diabetes tipe 2 disebabkan jaringan tubuh atau otot penderita tidak peka atau sudah resisten terhadap insulin yang menyebabkan glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel-sel dan tertimbun dalam peredaran darah.

Dalam diet berimbang utuk anak-anak di atas usia 12 bulan, energi masing-masing komponen sekitar: Hal tersebut dikarenakan android emnggunakan bahasa pemograman java Kadir, Karena nasien dengan golongan tersebut cenderung lebih malas atau lebih sulit bergerak dalam melakukan kegiatan.

Hasil penghitungan dapat tersimpan dalam database sehingga user dapat melihat record penghitungan sebelumnya. Gambar 6. Berdasarkan uraian tersebut, maka dibangunlah sebuah aplikasi SPK untuk menentukan jumlah asupan kalori perhari bagi penderita diabetes untuk mempermudah penderita diabetes mengatur pola makan dan dietnya sehingga bisa terhindarkan dari ancaman kenaikan gula darah secara drastis.

Penghitungan kalori yang dibutuhkan penderita diabetes perhari dan juga kebutuhan kalori per asupan makanan, seperti jumlah asupan karbohidrat, protein, dan lemak, diharapkan bisa membantu para penderita diabetes atau pihak terkait untuk dapat menjalankan diet ini sehingga bisa mencegah kenaikan hiperglikemia secara signifikan.

Mengatasi keterbatasan Kognitif dalam pemrosesan dan penyimpanan. Jika pasien tersebut kurang dari 40 tahun, maka rumus koreksi umur ini tidak berlaku.

Gramedia, Jakarta. Tampilan Form Isi data Setelah data diri diisi, maka akan muncul tampilan pada Gambar 6 yang menampilkan berat badan ideal, golongan berat badan dan kalori basal pasien.

Berikut pembagiannya: Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Makan siang: Pada tahun android telah digunakan pada peranti seperti smartphone, tablet, peranti pembaca buku elektronik, netbook, MP4 player, dan TV internet.

Di form ini user dapat melihat total kalori maksimal yang harus di konsumsi perhari. Asupan energi berasal dari makanan dan minuman, dan diukur dalam kilojoules atau kilokalori. Umumnya, air kencing penderita diabetes mellitus, sering dikerumuni kawanan semut karena tingginya kadar glukosa.

Untuk Pasien kurang dari 40 tahun a. Android tidak hanya ditujukan untuk ponsel, akan tetapi juga perangkat elektronik bergerak lainnya.

Gramedia, Jakarta. Dari pengujian metode yang diusulkan yaitu metode Euclidean yang telah dilakukan maka diperoleh suatu kesimpulan bahwa aplikasi system pendukung keputusan yang dibuat ini mampu untuk merekomendasikan diet kepada pasien beserta penjelasan mengenai kebutuhan kalori per hari untuk asupan makanan per hari [4].

Masa bayi berlangsung selama dua tahun pertama kehidupan setelah bayi baru lahir selama dua minggu. Jadwal pembuatan aplikasi sistem pendukung keputusan kalori dan asupan gizi dalam tubuh adalah sebagai berikut. This decision support system is based on the formula for calculating the calories of ordinary doctors and nutritionists use to determine a diet for diabetics in accordance with its weight.

Lebih Koreksi nilai: Seorang lelaki penderita diabetes mempunyai berat badan 70kg dan tinggi badan cm, maka asupan kalori dan kapasitas olahraga yang harus dia lakukan di umurnya yang sudah memasuki usia 50 tahun dapat dihitung dengan cara sebagai berikut: Diabetes mellitus adalah penyakit dimana terdapat kandungan glukosa dalam air seninya.

Proses agregasi antar aturan dilakukan, dan hasil akhirnya diperoleh dengan menggunakan defuzzy dengan konsep rata-rata terbobot. Membangun normalized decision matix. Nutrisi digolongkan ke dalam 6 enam kelompok utama, yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air Proverawati, Tampilan menu informasi.

Salah satu komponen pendukung SPK adalah basis data.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGHITUNG KALORI DIET

Sedangkan Mellitus berarti madu atau manis[7]. Lemak, yang disimpan sebagai trigliserida dalam jaringan adiposa, meliputi cadangan tenaga tubuh terbesar.

The purpose of the division so that a diet made by diabetic patients can achieve maximum results Keywords Diabetes Mellitus; decision support system; Diet Calories References Kadir, A.

Jadi sistem menyembunyikan informasi mengenai bagaimana data disimpan dan dirawat, tetapi data tetap dapat diambil dengan efisien. Penyusunan basis data meliputi proses memasukkan data kedalam media penyimpanan data dan diatur dengan menggunakan perangkat Sistem Manajemen Basis Data DatabaseManagement System.JUITA ISSN: Vol.

II Nomor 2, Nopember | Aldyningtyas, F., Pinandita, P., dan Harjono Sistem Pendukung Keputusan Penghitung Kalori. Low-Carb-Rezepte sind prima für die Figur, tun vor allem abends. Sistem Pendukung Keputusan Penghitung Kalori Diet bagi Diabetesi Setting up a diet for diabetics is highly recommended, because diabetes disease occurs because of unbalance metabolism on Author: Feryani Aldyningtys, Tito Pinandita, Harjono Harjono.

Metode pertama logika fuzzy metode Sugeno, digunakan untuk menentukan kebutuhan kalori dalam sehari metode ini mengunakan 5 variabel input fuzzy, yaitu status gizi, umur, suhu tubuh, intensitas penyakit, serta satu variabel crips, yaitu jenis kelamin. Downloaded from robadarocker.com Suggested articles To submit an update or takedown request for this paper, please submit an Update/Correction/Removal Request.

Penelitian sistem pendukung keputusan menggunakan metode Topsis pernah dilakukan oleh Desi Leha Kurniasih (), Mahasiswi Teknik Informatika STMIK Budi Darma Medan.

Hasil dari penelitiannya adalah meotde Topsis dapat digunakan untuk emmecahkan masalah dalam pemilihan laptop. Hasil yang diperoleh secara manual sama dengan hasil dalam komputerisasi.

Sistem pendukung keputusan diet kalori
Rated 0/5 based on 32 review